Valentino Rossi Lahir Ketika Ayahnya "Galau"

 

- Pada 16 Februari 33 tahun silam, seorang ibu bernama Stafania, yang berambut pirang dengan mata biru, melahirkan bayi laki-laki. Anak itu diberi nama Valentino Rossi, yang mengubah sejarah ajang balap motor.

Ayahnya, Graziano Rossi, adalah seorang pebalap yang berkompetisi di kategori yang sama dengan Franco Uncini, Marco Lucchinelli, dan Virginio Ferrari. Waktu itu dia baru saja meninggalkan Suzuki 500, di mana pada musim sebelumnya dia finis di peringkat ke-16, untuk menunggang Morbidelli.

Ketika berusia 25 tahun, kehidupan Graziano cukup kacau, sebelum hadir si Rossi kecil pada 16 Februari 1979. Berikut adalah wawancara gpone.com dengan Graziano, yang dilakukan tahun lalu, mengenai kenangan periode tersebut.

"Anda pikir saya ingat sesuatu yang terjadi 32 tahun lalu? - ujar "Grazia", merupakan panggilan Valentino kepadanya. "Saya ingat bahwa ibunya terus berada dalam penantian, menunggu untuk melahirkan, dan saya jahat. Rumah kami berantakan ketika mencoba untuk mempersiapkan apa yang akan segera dimulai. Saya seharusnya membalap untuk Morbidelli tahun itu, dan seperti setiap bulan Februari lainnya, ada kekacauan besar untuk bersiap-siap menghadapi musim mendatang. Tetapi saya ingat bahwa meskipun semua ini, saya masih tetap ingin dekat dengan mereka."

Apakah Anda mengantar Stefania ke rumah sakit Urbino?

"Saya sangat percaya bahwa saya membawanya ke rumah sakit, dan saya sangat percaya bahwa ... Aku tidak ingat!"

Apakah Anda ingat ketika dia lahir? Apakah pagi, siang, atau malam?
"Tidak, tetapi saya pikir itu terjadi di malam hari karena ia tidak pernah siap untuk melakukan apapun di pagi hari. Tidak sekarang dan tidak kemudian. Dia bahkan tidak siap untuk melahirkan pada pagi hari. Dia hanya tertidur pulas pada pagi hari."

Apakah saat itu cerah, hujan ...?

"Waktu itu benar-benar cerah karena tidak mungkin dengan cara lain ketika Valentino lahir."

Apa yang Anda rasakan ketika Anda pertama kali melihatnya?

"Sesuatu yang para lelaki dan suami tidak pernah bisa menjelaskan. Ini sesuatu yang sangat penting, di mana tidak ada kata-kata yang tepat untuk melukiskannya. Saya juga merasa bahwa saya harus segera memulai untuk melakukan sesuatu baginya, untuk memastikan dia baik-baik saja. Saya tidak tahu untuk memakaikan pakaiannya, atau mempersiapkan dirinya untuk baptisan."

Apakah Anda tahu ia akan menjadi anak laki-laki?

"Tidak, saat itu mereka tidak melakukan tes yang dapat memberitahu Anda terlebih dahulu. Benar? Apakah tes ini ada 30 tahun yang lalu? Saya tidak berpikir tentang hal itu."

Siapa yang memilih nama Valentino?
"Ibunya dan saya memilih itu bersama-sama, tetapi saya tidak ingat siapa yang pertama kali menyebutnya..."

Ini adalah pertanyaan yang sulit: apakah Anda ingat dia lahir normal, atau melalui bedah caesar?

"Normal", ujar Grazia setelah sempat jeda sesaat.

Dan berapa beratnya?

"3,4 kg"

Apakah kelahiran itu cepat atau lambat?

"Tentu cepat. Dia tidak pernah lambat saat melahirkan."

Apa lagi yang Anda ingat dari periode itu?

"Saya 25 tahun, saya adalah seorang pebalap motor dan ... Saya hanya ingat benar-benar merasa bahagia. Pada usia 25 tahun seorang pria sudah saatnya menjadi dewasa, atau dia masih bodoh seperti anak kecil. Pada usia 25 tahun saya masih bodoh seperti anak kecil, dan ketika Anda seperti ini, memiliki seorang anak, dapat memberikan efek luar biasa padamu."

Seperti?

"Saya takut menjadi tua, karena dalam teori seorang pria dengan seorang anak harus menjadi tua. Kemudian saya menyadari bahwa seorang bayi akan menghadirkan senyum, tangisan, jeritan ... membuat semua berantakan. Jadi seorang anak membawa banyak kekacauan ke dalam rumah, dan banyak kebahagiaan, dan senyum yang terus-menerus. Plus, seorang bayi membuat hidupmu terus bergerak, meskipun pergerakan itu sudah terjadi."

Apa hadiah pertama yang Anda berikan?

"Saya tidak ingat persis ... Anda membuat sesuatu."

Dan kemudian ia bertumbuh, sedangkan Anda masih mencoba untuk ...
"Dia belum bertumbuh lebih dari saya, dan dia beruntung untuk itu - dia menjawab sambil tertawa - jika Vale memiliki anak-anak sekarang, ia akan mengalami reaksi emosional yang sama, yang saya miliki ketika dia lahir. Artinya, dia akan merasa seolah-olah dia harus meningkatkan semua biaya, bahkan ketika itu tidak perlu."

Apa hadiah yang Anda pikir Valentino suka untuk 2011, tahun yang sangat khusus untuk dia?

"Biarkan saya berpikir ... ia baru saja melupakan masalah yang sangat serius, yang merupakan rasa sakit di bahunya yang menghantuinya sepanjang tahun lalu. Hadiah yang akan saya berikan adalah sebuah pernyataan; sebuah kontrak yang ditandatangani oleh seseorang, yang mengatakan bahwa dia tidak akan pernah terluka lagi."

Seseorang seperti ... Yesus Kristus?

"Ya, seseorang di tingkat itu. Ini berarti bahwa salah satu doaku akan terjawab: bahwa ia tidak terluka lagi."